Pasang Surut | Sejarah Bus Karona dan Bus SAMPRI serta Livery Bussidnya Xhd Rombak Jb3+
Indonesia banyak sekali memiliki
angkutan umum, salah satunya yaitu bus dan berbagai sejarah bus tentunya. Mungkin bagi masyarakat Indonesia pasti
tidak asing lagi dengan “bus”. Mengapa tidak hampir seluruh masyarakat
Indonesia pernah menaiki bus baik itu mini bus, medium bus bahkan sampai
bus-bus besar. Jadi tak perlu heran lagi apabila di Indonesia banyak sekali
Nampak bus-bus yang lalu-lalang di sekitar. Karena memang masyarakat Indonesia
banyak menggunakan jasa transportasi yang satu ini. Terkhusus di pulau sumatera dan jawa, banyak dari masyarakat yang menggunakan
moda transportasi bus untuk bepergian keluar daerah. Baik itu para pekerja
bahkan pelajar dan mahasiswa rata-rata menggunakan bus sebagai jasa
transportasi untuk bepergian ke daerah tempat tujuan.
Sejarah Bus Karona & LIvery Bussidnya
Sebelum download livery
bussidnya, admin akan membahas beberapa kisah maupun sejarah bus karona perusahaaan otobus
lintas sumatera, PO. Karona group yang sempat menjadi andalan “primadona”
lintas sumatera-jawa. Kisah ini bermula pada tahun 1983 dimana berdirilah suatu
perusahaan otobus yang bernama bumi nusantara. Perusahaan otobus ini sendiri
didirikan oleh bapak berkat karo-karo dan kawan-kawannya, bapak berkat
karo-karo sendiri merupakan seorang perantau yang berasal dari karo sesuai nama
beliau ya. Beliau awal mulanya memulai karir sebagai supir bus arimbi di pulau
jawa, memang kebanyakan orang batak ini sudah terkenal akan profesinya sebagai
seorang supir, bapak berkat karo-karo inilah salah satunya. Alhasil setelah
lama menempuh pengalaman di bidangnya bapak berkat pun menabung dan mempelajari
bisnis perusahaan otobus arimbi, dan pada tahun 1983 inilah beliau bersama
teman-temannya sesama perantau karo mendirikan perusahaan otobus bumi nusantara.
Po. Bumi nusantara ini sendiri mulai didirikan di bandar lampung dengan trayek
bandar lampung-bakauheni. Po ini sendiri merupakan suatu perusahaan gabungan
dengan mayoritas anggotanya adalah para perantau asal tanah karo di provinsi lampung.
Baca Juga: Bus Makmur & Halmahera Xhd Rombak JB3+, Free Download Livery Bussid
Awal mulanya PO ini dirintis dengan 5 unit bus saja, dari 5 unit bus tersebut bapak berkat karo-karo memiliki 2 bus perintis ini. Sedangkan kawan beliau yaitu bapak zainuddin sembiring memiliki 2 unit lainnya dan 1 unit lagi dimiliki oleh rekan beliau juga yaitu bapak arman. Walaupun perusahaan otobus ini merupakan perantau asal karo yang tinggal di lampung namun tak membuat PO. Bumi nusantra minim penumpang, karena dalam beberapa tahun perusahaan ini banyak diminati oleh masyarakat pada rute bandar lampung-bakauheni dan terbilang berhasil meraih kesuksesannya pada saat itu di provinsi lampung. Tak lama setelah itu bapak berkat karo-karo keluar dari gabungan PO. Bumi nusantara tersebut, hal ini terjadi dikarenakan beliau ingin mencoba mandiri dengan mendirikan perusahaan otobusnya sendiri. Nah, diakhir tahun 80-an berdirilah perusahaan otobus karona ini, PO. Karona sendiri memulai rutenya dengan bus antar kota dalam provinsi, di lampung yaitu dengan trayek bandar lampung-bakauheni satu jalur dengan po.bumi nusantara dan berhasil meraih kesuksesannya. Sejak tahun 90-an PO. Karona kemudian berkembang dengan pesatnya dan mulai membentuk karona group dengan berbagai PO baru maupun mangakuisis perusahaan otobus yang sudah ada. Nah yang menjadi ciri khas dari livery bus PO. Karona group ini dengan bertulisan HEJEVRINA VK pada body busnya. Adapun beberapa merek bus karona group adalah sebagai berikut:
- Karona
- Timbul Jaya Express (TIJEX)
- Almasar
- Bouraq
- Gaya Gembira
- Rina
- Dewi
- Realita Guna Usaha (RGU)
- Sari Berkah
- Serasi
- Selamat Kerja
- Giri Indah Andalan
Adapun tulisan HEJEVRINA VK
kemungkinan merupakan nama salah satu anak bapak berkat karo-karo yang kini
menjadi suksesor beliau yaitu direksi Almasar group saat ini bapak jefri
karo-karo dengan kebanyak unit bus almasar ini bertuliskan “Mr. No. Comment”. Pada
tahun 1990 sampai 2000-an, Karona Group merupakan salah satu perusahaan otobus
yang disegani dengan memiliki ratusan unit bus yang kerap sekali melintasi
pulau sumatera dan jawa. Karona group dengan berbagai merek bus yang berada di
bawah manajemennya membuka trayek sampai ke berbagai kota di pulau jawa seperti
surabaya, malang, wonogiri, semarang, Jakarta dan merak. Selain itu karona
group juga melayani rute di sumatera yaitu medan-Jakarta dengan menggunakan bus
karona dan timbul jaya express
Nah, pada awal tahun 2002
pesawat lion air dan adam air mulai menggantikan moda transportasi jarak jauh
medan-Jakarta maupun rute jarak jauh lainnya yang ada di Indonesia. Memang pada
masa itu banyak sekali perusahaan otobus yang kalah saing, hal ini memang wajar
karena jarak tempuhnya bisa dengan cepat sampai ke tujuan. Banyak sekali pada
saat itu perusahaan otobus asal sumatera yang ternena dampaknya, tak terkecuali
dengan PO. Karona group ini juga merupakan salah satunya, untuk tetap
mempertahankan eksistensinya di lintas sumatera, pada tahun 2002 PO. Karona group
memperkenalkan suatu bus dengan merek lainnya yaitu Almasar tang berkantor pusat
di kota medan. Alamsar ini sendiri bukan sembarang kata melainkan ada
kepanjangannya yaitu “Allah Maha Besar” sebuah kalimat yang begitu mendalam dan
sakral. Pada tahun ini juga Almasar membuka rute antar kota dalam provinsi
dengan trayek medan-pematang siantar yang bersaing dengan perusahaan INTRA dan
SENTOSA. Bus Almasar ini sendiri sempat populer di lintasannya, hal ini
dikarenakan Almasar hadir dengan seluruh unitnya dengan menggunakan bus berAC
kelas ekonomi seat 2-3 dengan tarif yang sama dengan bus INTRA dan SENTOSA
kelas ekonomi non AC. Bus Almasar sendiri melayani penumpang sejak jam 6 pagi sampai
jam 6 sore dengan interval waktu setiap 15 menit sekali dari terminal suka
damai perluasan menuju kota medan. Namun setelah beberapa lama, ketenaran Almasar
mulai meredup hingga pada tahun 2004 Almasar mundur dan menutup operasionalnya
di rute pematang siantar-medan tersebut gaes. Armada eks bus Almasar tersebut
kemudian dibawa pulang kembali ke lampung dan kebanyakan dialihkan menjadi
armada bus RGU dan Bus KARONA GROUP lainnya.
Singkat cerita, Almasar Group
mencoba untuk bertahan di berbagai rute di sumatera utara dan lampung, namun
sejak tahun 2010 keatas mulailah kita jarang melihat bus karona dan kawan-kawan
yang dulunya sering melintasi jalur di trayeknya tersebut yang dulunya sangat
populer itu. Kendati demikian Karona group tidak sepenuhnya punah, karena masih
ada yang dipertahankan dari beberapa merek bus tersebut yaitu Almasar. Sejak chasis
mercedes benz OH 1526 dan 1626 diperkenalkan pada tahun 2010 dimulailah dengan livery
seperti yang kita lihat sekarang ini itu yaitu perpaduan antara warna merah dan
pink yang telah menjadi ciri khas bus Almasar ini dan livery ini masih bertahan
sampai hari ini. PO. Almasar kemudian ditingkatkan badan hukumnya menjadi PT.
Almasar Indonesia yang dipimpin oleh direksi bapak Jefri Karo-karo “Mr. No Comment”,
generasi kedua Karona Group yang berpusat di kota medan dan bandar lampung. PT.
Almasar Indonesia Kemudian membuka Trayek Medan-Pekanbaru bahkan mulai kembali
ke lintasan medan-Jakarta dengan unit elf busnya. Baru-baru ini kalangan bus
mania kembali dihebohkan dengan PO Karona karena telah membeli unit barunya dari
karoseri tentrem, maka dari itu pada kesempatan kali ini saya akan membagikan
livery bussid terbaru dari PO. Karona ini.
Sejarah Bus Sampri & Livery Bussid nya
Adapun untuk livery bussid
selanjutnya yaitu salah satu bus yang berasal dari tanah toba yaitu PO. Samosir
Pribumi atau yang biasa disapa dengan “SAMPRI”. dan kali ini admin membahas sejarah bus SAMPRI. Perusahaan otobus samosir pribumi
mulai berdiri pada tanggal 15 mei 1982 di kota pangururan, pulau samosir oleh
bapak Matondang Sitanggang dan istrinya G. Boru Sihaloho yang dibantu juga oleh
pengusaha yang bernama dokter Sitanggang dan rekan-rekan beliau yang lainnya. Sekarang,
perusahaan ini sendiri telah bermetamormofis menjadi PT. SAMOSIR PRIBUMI
TRANSPORT yang dilanjutkan oleh generasi kedua dan dipimpin oleh direksi bapak
Mangasi Sitanggang. Pada awal mula berdirinya, Bus Samosir Pribumi memiliki bus
besar dengan mesin Dodge 600 dan bus Engkel Colt T200 Delta dengan total armada
pada tahun 1982 mencapai 15 unit bus yang terdiri dari bus besar dan bus
Engkel. Untuk livery bus Samosir Pribumi dari dulu sampai sekarang ini masih
sama yaitu dengan warna hijau dikombinasikan dengan warna putih, kuning, ungu
dan biru dengan rute trayek awal yaitu pangururan-Sidikaangi-Medan dan
Pangururan-haranggaol. Karena nama bus ini memang panjang, kemudian untuk
memudahkan dalam penyebutannya disingkat menjadi “SAMPRI” yang kemudian sangat
banyak diminati oleh para peneumpang dilintasannya.
Karena masih minimnya moda
transportasi pada masa itu, masing-masing unit bus tersebut dipaksa untuk mengangkut
penumpang sampai 50 orang. Pada tahun 1983 Bus SAMPRI membuka diri bagi pengusaha
yang ingin memiliki usaha bus umun, Bus SAMPRI berubah dari perusahaan pribadi
menjadi perusahaan konsorsium, maklumlah biar agak elit bahasanya wkwkwkwk. Maksud
konsorsium disini yaitu kerjasama operasional atau yang biasa disingkat menjadi
KSO dimana, pimpinan perusahaan tetap dipegang maupun dikendalikan oleh bapak Matondang
Sitanggang sebagai direksinya. Pada tahun 1985 Bus SAMPRI mulai menggunakan unit
armada dengan mesin Colt T120 lama dan L300 buatan Mitsubishi, kemudian membeli
lagi Colt Diesel Engkel sebagai penerus Colt T200 atau Colt delta. Nah pada
tahun 1991, PT. SAMPRI telah memiliki unit bus sebayak 78 unit dan mulai ekspansi
ke berbagai rute di berbagai kota seperti:
- Dolok Sanggul-Medan
- Pakkat-Medan
- Parlilitan-Medan
- Bakkara-Medan
- Haranggaol-Medan
Pada tahun 1994, PT. SAMPRI
pindah ke kota medan dan kembali mengekspansi dengan membuka trayek Seperti:
- Medan-Sibae
- Medan-Andam Dewi
- Medan-Barus
- Medan-Manduamas
- Medan-Tara Bintang
Dan pada tahun 1996 PT.
SAMPRI kembali mengekspansi dengan membuka trayek bus Antar Kota Antar Provinsi
ke bagian tenggara provinsi aceh antara lain seperti Medan-Subulussalam dan Medan-Kuta
Cane. Kemudian memperluas lagi trayek antar kota dalam provinsinya dengan rute
Medan-Sorkam. Pada tahun 1998, PT. Sampri meraih masa kejayaannya dengan
memiliki 185 unit bus, SAMPRI kemudian membagi dua perusahaannya karena armada
sudah mencapai batas plafon yang diizinkan oleh dinas perhubungan. Bus SAMPRI
kemudian memperkenalkan merek baru yaitu S. Pribumi dengan unit armada bus
besar bermesin Mercedes Benz dan ada juga bus medium bermesin Colt Diesel. S.
PRIBUMI kemudian Membuka trayek AKAP di jalur Medan-Batu Bara-Kandis-Pekanbaru.
Sebagian armada bus besar S. PRIBUMI kemudian mengisi jalur AKDP Pangururan-Dolok
Sanggul-Tarurung-Siantar-Medan. Nah pada tahun 2000, armada PO. SAMOSIR PRIBUMI
telah mencapai 217 unit bus dan terus meningkat sampai 243 unit bus pada tahun
2002. Tahun 2006, PO. SAMOSIR PRIBUMI kembali mencapai batas plafon lagi,
sehinggaharus mendirikan anak perusahaan yang berpusat di kota medan dengan
nama DAIRI TRANSPORT yang disingkat menjadi “DATRA” oleh bapak mangasi
sitanggang (direksi samosir Pribumi) yang dikemudian hari DATRA berubah menjadi
PT. PUTRA DAIRI TRANSPORT KARINA dengan berfokus pada rute AKDP yaitu
Medan-Sidikalang dengan menggunakan unit L300 dan toyota HIACE. Manajemen Bus SAMPRI
dan DATRA sendiri berbeda, begitu juga dengan loket perwakilannya, saat ini datra
diperkirakan sudah memiliki atau mencapai ratusan unit juga.
Pada kesempatan kali ini saya
akan membagikan livery bussid yaitu Bus Karona dan Bus SAMPRI, serta dibalut body Xhd
rombak Jb3+ game bus simulator Indonesia yang didevelopori oleh tim Maleo juga merupakan
salah satu game karya anak bangsa indonesia. Cintailah produk-produk lokal
karena dengan kita mendukung karya-karya anak bangsa bisa jadi kita memajukan
negara kita tercinta indonesia. Bagi teman-teman yang mungkin berminat liverynya,
silahkan download pada link yang tertera dibawah ini dan kalau ingin share
jangan lupa link download langsung kesini ya. Dilarang keras mere-edit livery
bussid ini tanpa persetujuan admin dan juga menimpa watermarknya. Dan jika
kalian suka dengan livery bussid lawas lainnya silahkan cek di kolom pencarian
atau bisa langsung klik bada label livery lawas. untuk templatenya dari ERGE CHANNEL.
LINK LIVERY:
Peringatan!!!
Livery bussid ini adalah versi gratis
yang boleh dishare. Dilarang memperjual-belikan livery ini dengan alasan apa
saja. segala bentuk penyalahgunaan livery ini menjadi tanggung jawab
masing-masing user. jangan lupa link download harap menuju autor langsung. Terimakasih
atas pengertiannya mohon maaf apabila terdapat banyak kekurangan di dalam liverynya karena admin sendiri masih dalam tahap belajar.
Download Livery bussid terbaru, Livery bussid xhd rombak jb3+, Livery Bussid Xhd Rombak SR-2, Livery Bussid Jbhd ori, Livery Bussid Shd Ori, livery Bussid Srikandi Ori, Livery Bussid srikandi Rombak SR-1, Livery Bussid Shd tronton, Livery Bus sumut Bussid, livery bus sumbar bussid, livery bus riau bussid, livery bus siantar bussid, livery bus aceh bussid, livery bus jawa bussid, livery bus tapsel bussid, Livery Bus bengkulu bussid. Livery lawas bussid, livery bus kalimantan bussid.
Tidak ada komentar
Posting Komentar