Pasang Surut | Sejarah Bus Karona dan Bus SAMPRI serta Livery Bussidnya Xhd Rombak Jb3+

Indonesia banyak sekali memiliki angkutan umum, salah satunya yaitu bus dan berbagai sejarah bus tentunya. Mungkin bagi masyarakat Indonesia pasti tidak asing lagi dengan “bus”. Mengapa tidak hampir seluruh masyarakat Indonesia pernah menaiki bus baik itu mini bus, medium bus bahkan sampai bus-bus besar. Jadi tak perlu heran lagi apabila di Indonesia banyak sekali Nampak bus-bus yang lalu-lalang di sekitar. Karena memang masyarakat Indonesia banyak menggunakan jasa transportasi yang satu ini. Terkhusus di pulau sumatera dan jawa, banyak dari masyarakat yang menggunakan moda transportasi bus untuk bepergian keluar daerah. Baik itu para pekerja bahkan pelajar dan mahasiswa rata-rata menggunakan bus sebagai jasa transportasi untuk bepergian ke daerah tempat tujuan.

Sejarah Bus Karona & LIvery Bussidnya

Sebelum download livery bussidnya, admin akan membahas beberapa kisah maupun sejarah bus karona perusahaaan otobus lintas sumatera, PO. Karona group yang sempat menjadi andalan “primadona” lintas sumatera-jawa. Kisah ini bermula pada tahun 1983 dimana berdirilah suatu perusahaan otobus yang bernama bumi nusantara. Perusahaan otobus ini sendiri didirikan oleh bapak berkat karo-karo dan kawan-kawannya, bapak berkat karo-karo sendiri merupakan seorang perantau yang berasal dari karo sesuai nama beliau ya. Beliau awal mulanya memulai karir sebagai supir bus arimbi di pulau jawa, memang kebanyakan orang batak ini sudah terkenal akan profesinya sebagai seorang supir, bapak berkat karo-karo inilah salah satunya. Alhasil setelah lama menempuh pengalaman di bidangnya bapak berkat pun menabung dan mempelajari bisnis perusahaan otobus arimbi, dan pada tahun 1983 inilah beliau bersama teman-temannya sesama perantau karo mendirikan perusahaan otobus bumi nusantara. Po. Bumi nusantara ini sendiri mulai didirikan di bandar lampung dengan trayek bandar lampung-bakauheni. Po ini sendiri merupakan suatu perusahaan gabungan dengan mayoritas anggotanya adalah para perantau asal tanah karo di provinsi lampung.

Baca Juga: Bus Makmur & Halmahera Xhd Rombak JB3+, Free Download Livery Bussid

Awal mulanya PO ini dirintis dengan 5 unit bus saja, dari 5 unit bus tersebut bapak berkat karo-karo memiliki 2 bus perintis ini. Sedangkan kawan beliau yaitu bapak zainuddin sembiring memiliki 2 unit lainnya dan 1 unit lagi dimiliki oleh rekan beliau juga yaitu bapak arman. Walaupun perusahaan otobus ini merupakan perantau asal karo yang tinggal di lampung  namun tak membuat PO. Bumi nusantra minim penumpang, karena dalam beberapa tahun perusahaan ini banyak diminati oleh masyarakat pada rute bandar lampung-bakauheni dan terbilang berhasil meraih kesuksesannya pada saat itu di provinsi lampung. Tak lama setelah itu bapak berkat karo-karo keluar dari gabungan PO. Bumi nusantara tersebut, hal ini terjadi dikarenakan beliau ingin mencoba mandiri dengan mendirikan perusahaan otobusnya sendiri. Nah, diakhir tahun 80-an berdirilah perusahaan otobus karona ini, PO. Karona sendiri memulai rutenya dengan bus antar kota dalam provinsi, di lampung yaitu dengan trayek bandar lampung-bakauheni satu jalur dengan po.bumi nusantara dan berhasil meraih kesuksesannya. Sejak tahun 90-an PO. Karona kemudian berkembang dengan pesatnya dan mulai membentuk karona group dengan berbagai PO baru maupun mangakuisis perusahaan otobus yang sudah ada. Nah yang menjadi ciri khas dari livery bus PO. Karona group ini dengan bertulisan HEJEVRINA VK pada body busnya. Adapun beberapa merek bus karona group adalah sebagai berikut:

  1. Karona
  2. Timbul Jaya Express (TIJEX)
  3. Almasar
  4. Bouraq
  5. Gaya Gembira
  6. Rina
  7. Dewi
  8. Realita Guna Usaha (RGU)
  9. Sari Berkah
  10. Serasi
  11. Selamat Kerja
  12. Giri Indah Andalan

Adapun tulisan HEJEVRINA VK kemungkinan merupakan nama salah satu anak bapak berkat karo-karo yang kini menjadi suksesor beliau yaitu direksi Almasar group saat ini bapak jefri karo-karo dengan kebanyak unit bus almasar ini bertuliskan “Mr. No. Comment”. Pada tahun 1990 sampai 2000-an, Karona Group merupakan salah satu perusahaan otobus yang disegani dengan memiliki ratusan unit bus yang kerap sekali melintasi pulau sumatera dan jawa. Karona group dengan berbagai merek bus yang berada di bawah manajemennya membuka trayek sampai ke berbagai kota di pulau jawa seperti surabaya, malang, wonogiri, semarang, Jakarta dan merak. Selain itu karona group juga melayani rute di sumatera yaitu medan-Jakarta dengan menggunakan bus karona dan timbul jaya express

Nah, pada awal tahun 2002 pesawat lion air dan adam air mulai menggantikan moda transportasi jarak jauh medan-Jakarta maupun rute jarak jauh lainnya yang ada di Indonesia. Memang pada masa itu banyak sekali perusahaan otobus yang kalah saing, hal ini memang wajar karena jarak tempuhnya bisa dengan cepat sampai ke tujuan. Banyak sekali pada saat itu perusahaan otobus asal sumatera yang ternena dampaknya, tak terkecuali dengan PO. Karona group ini juga merupakan salah satunya, untuk tetap mempertahankan eksistensinya di lintas sumatera, pada tahun 2002 PO. Karona group memperkenalkan suatu bus dengan merek lainnya yaitu Almasar tang berkantor pusat di kota medan. Alamsar ini sendiri bukan sembarang kata melainkan ada kepanjangannya yaitu “Allah Maha Besar” sebuah kalimat yang begitu mendalam dan sakral. Pada tahun ini juga Almasar membuka rute antar kota dalam provinsi dengan trayek medan-pematang siantar yang bersaing dengan perusahaan INTRA dan SENTOSA. Bus Almasar ini sendiri sempat populer di lintasannya, hal ini dikarenakan Almasar hadir dengan seluruh unitnya dengan menggunakan bus berAC kelas ekonomi seat 2-3 dengan tarif yang sama dengan bus INTRA dan SENTOSA kelas ekonomi non AC. Bus Almasar sendiri melayani penumpang sejak jam 6 pagi sampai jam 6 sore dengan interval waktu setiap 15 menit sekali dari terminal suka damai perluasan menuju kota medan. Namun setelah beberapa lama, ketenaran Almasar mulai meredup hingga pada tahun 2004 Almasar mundur dan menutup operasionalnya di rute pematang siantar-medan tersebut gaes. Armada eks bus Almasar tersebut kemudian dibawa pulang kembali ke lampung dan kebanyakan dialihkan menjadi armada bus RGU dan Bus KARONA GROUP lainnya.

SEJARAH BUS KARONA

Singkat cerita, Almasar Group mencoba untuk bertahan di berbagai rute di sumatera utara dan lampung, namun sejak tahun 2010 keatas mulailah kita jarang melihat bus karona dan kawan-kawan yang dulunya sering melintasi jalur di trayeknya tersebut yang dulunya sangat populer itu. Kendati demikian Karona group tidak sepenuhnya punah, karena masih ada yang dipertahankan dari beberapa merek bus tersebut yaitu Almasar. Sejak chasis mercedes benz OH 1526 dan 1626 diperkenalkan pada tahun 2010 dimulailah dengan livery seperti yang kita lihat sekarang ini itu yaitu perpaduan antara warna merah dan pink yang telah menjadi ciri khas bus Almasar ini dan livery ini masih bertahan sampai hari ini. PO. Almasar kemudian ditingkatkan badan hukumnya menjadi PT. Almasar Indonesia yang dipimpin oleh direksi bapak Jefri Karo-karo “Mr. No Comment”, generasi kedua Karona Group yang berpusat di kota medan dan bandar lampung. PT. Almasar Indonesia Kemudian membuka Trayek Medan-Pekanbaru bahkan mulai kembali ke lintasan medan-Jakarta dengan unit elf busnya. Baru-baru ini kalangan bus mania kembali dihebohkan dengan PO Karona karena telah membeli unit barunya dari karoseri tentrem, maka dari itu pada kesempatan kali ini saya akan membagikan livery bussid terbaru dari PO. Karona ini.

Sejarah Bus Sampri & Livery Bussid nya

Adapun untuk livery bussid selanjutnya yaitu salah satu bus yang berasal dari tanah toba yaitu PO. Samosir Pribumi atau yang biasa disapa dengan “SAMPRI”.  dan kali ini admin membahas sejarah bus SAMPRI. Perusahaan otobus samosir pribumi mulai berdiri pada tanggal 15 mei 1982 di kota pangururan, pulau samosir oleh bapak Matondang Sitanggang dan istrinya G. Boru Sihaloho yang dibantu juga oleh pengusaha yang bernama dokter Sitanggang dan rekan-rekan beliau yang lainnya. Sekarang, perusahaan ini sendiri telah bermetamormofis menjadi PT. SAMOSIR PRIBUMI TRANSPORT yang dilanjutkan oleh generasi kedua dan dipimpin oleh direksi bapak Mangasi Sitanggang. Pada awal mula berdirinya, Bus Samosir Pribumi memiliki bus besar dengan mesin Dodge 600 dan bus Engkel Colt T200 Delta dengan total armada pada tahun 1982 mencapai 15 unit bus yang terdiri dari bus besar dan bus Engkel. Untuk livery bus Samosir Pribumi dari dulu sampai sekarang ini masih sama yaitu dengan warna hijau dikombinasikan dengan warna putih, kuning, ungu dan biru dengan rute trayek awal yaitu pangururan-Sidikaangi-Medan dan Pangururan-haranggaol. Karena nama bus ini memang panjang, kemudian untuk memudahkan dalam penyebutannya disingkat menjadi “SAMPRI” yang kemudian sangat banyak diminati oleh para peneumpang dilintasannya.

SEJARAH BUS SAMPRI

Karena masih minimnya moda transportasi pada masa itu, masing-masing unit bus tersebut dipaksa untuk mengangkut penumpang sampai 50 orang. Pada tahun 1983 Bus SAMPRI membuka diri bagi pengusaha yang ingin memiliki usaha bus umun, Bus SAMPRI berubah dari perusahaan pribadi menjadi perusahaan konsorsium, maklumlah biar agak elit bahasanya wkwkwkwk. Maksud konsorsium disini yaitu kerjasama operasional atau yang biasa disingkat menjadi KSO dimana, pimpinan perusahaan tetap dipegang maupun dikendalikan oleh bapak Matondang Sitanggang sebagai direksinya. Pada tahun 1985 Bus SAMPRI mulai menggunakan unit armada dengan mesin Colt T120 lama dan L300 buatan Mitsubishi, kemudian membeli lagi Colt Diesel Engkel sebagai penerus Colt T200 atau Colt delta. Nah pada tahun 1991, PT. SAMPRI telah memiliki unit bus sebayak 78 unit dan mulai ekspansi ke berbagai rute di berbagai kota seperti:

  1. Dolok Sanggul-Medan
  2. Pakkat-Medan
  3. Parlilitan-Medan
  4. Bakkara-Medan
  5. Haranggaol-Medan

Pada tahun 1994, PT. SAMPRI pindah ke kota medan dan kembali mengekspansi dengan membuka trayek Seperti:

  1. Medan-Sibae
  2. Medan-Andam Dewi
  3. Medan-Barus
  4. Medan-Manduamas
  5. Medan-Tara Bintang

Dan pada tahun 1996 PT. SAMPRI kembali mengekspansi dengan membuka trayek bus Antar Kota Antar Provinsi ke bagian tenggara provinsi aceh antara lain seperti Medan-Subulussalam dan Medan-Kuta Cane. Kemudian memperluas lagi trayek antar kota dalam provinsinya dengan rute Medan-Sorkam. Pada tahun 1998, PT. Sampri meraih masa kejayaannya dengan memiliki 185 unit bus, SAMPRI kemudian membagi dua perusahaannya karena armada sudah mencapai batas plafon yang diizinkan oleh dinas perhubungan. Bus SAMPRI kemudian memperkenalkan merek baru yaitu S. Pribumi dengan unit armada bus besar bermesin Mercedes Benz dan ada juga bus medium bermesin Colt Diesel. S. PRIBUMI kemudian Membuka trayek AKAP di jalur Medan-Batu Bara-Kandis-Pekanbaru. Sebagian armada bus besar S. PRIBUMI kemudian mengisi jalur AKDP Pangururan-Dolok Sanggul-Tarurung-Siantar-Medan. Nah pada tahun 2000, armada PO. SAMOSIR PRIBUMI telah mencapai 217 unit bus dan terus meningkat sampai 243 unit bus pada tahun 2002. Tahun 2006, PO. SAMOSIR PRIBUMI kembali mencapai batas plafon lagi, sehinggaharus mendirikan anak perusahaan yang berpusat di kota medan dengan nama DAIRI TRANSPORT yang disingkat menjadi “DATRA” oleh bapak mangasi sitanggang (direksi samosir Pribumi) yang dikemudian hari DATRA berubah menjadi PT. PUTRA DAIRI TRANSPORT KARINA dengan berfokus pada rute AKDP yaitu Medan-Sidikalang dengan menggunakan unit L300 dan toyota HIACE. Manajemen Bus SAMPRI dan DATRA sendiri berbeda, begitu juga dengan loket perwakilannya, saat ini datra diperkirakan sudah memiliki atau mencapai ratusan unit juga.

SEJARAH BUS SAMPRI

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan livery bussid yaitu Bus Karona dan Bus SAMPRI, serta dibalut body Xhd rombak Jb3+ game bus simulator Indonesia yang didevelopori oleh tim Maleo juga merupakan salah satu game karya anak bangsa indonesia. Cintailah produk-produk lokal karena dengan kita mendukung karya-karya anak bangsa bisa jadi kita memajukan negara kita tercinta indonesia. Bagi teman-teman yang mungkin berminat liverynya, silahkan download pada link yang tertera dibawah ini dan kalau ingin share jangan lupa link download langsung kesini ya. Dilarang keras mere-edit livery bussid ini tanpa persetujuan admin dan juga menimpa watermarknya. Dan jika kalian suka dengan livery bussid lawas lainnya silahkan cek di kolom pencarian atau bisa langsung klik bada label livery lawas. untuk templatenya dari ERGE CHANNEL.

LINK LIVERY:

KARONA TERBARU

SAMPRI

Peringatan!!!

Livery bussid ini adalah versi gratis yang boleh dishare. Dilarang memperjual-belikan livery ini dengan alasan apa saja. segala bentuk penyalahgunaan livery ini menjadi tanggung jawab masing-masing user. jangan lupa link download harap menuju autor langsung. Terimakasih atas pengertiannya mohon maaf apabila terdapat banyak kekurangan di dalam liverynya karena admin sendiri masih dalam tahap belajar.

Download Livery bussid terbaruLivery bussid xhd rombak jb3+Livery Bussid Xhd Rombak SR-2Livery Bussid Jbhd oriLivery Bussid Shd Orilivery Bussid Srikandi OriLivery Bussid srikandi Rombak SR-1Livery Bussid Shd trontonLivery Bus sumut Bussidlivery bus sumbar bussidlivery bus riau bussid, livery bus siantar bussidlivery bus aceh bussidlivery bus jawa bussid, livery bus tapsel bussid, Livery Bus bengkulu bussidLivery lawas bussid, livery bus kalimantan bussid.